Definisi Tujuan Dan Cara Menentukannya


definisi tujuan dan cara mencapai tujuan

Di dalam artikel ini kami akan menjabarkan cara menentukan suatu tujuan, agar supaya tujuan tersebut bisa Anda capai. Sebelumnya ada baiknya kita mengetahui definisi tujuan dahulu.
Berikut tujuan definisi yang lebih formal:

Tujuan adalah hasil dambaan yang ingin Anda
wujudkan atau Anda inginkan untuk terjadi dalam
periode waktu tertentu.

Tujuan adalah hal penentu dalam mencapai kesuksesan. Ada beberapa langkah yang harus Anda jalani untuk mencapai impian Anda. Tanpa tujuan yang baik, impian Anda akan selalu hanya menjadi itu: impian.
Berikut ini adalah beberapa hal penting untuk diingat mengenai tujuan:
Tentukan tujuan yang KHUSUS.
Tujuan yang samar adalah seperti: ‘Saya akan mencari jalan untuk masuk perguruan tinggi secara gratis.” Yang Iebih khusus adalah, “Pada akhir tahun ketiga di sekolah menengah, saya akan mengirim surat kepada setiap program
sarjana perguruan tinggi atau universitas yang terakreditasi untuk mendapatkan beasiswa penuh.” Anda lihat betapa jauh lebih khusus, dan karenanya lebih menarik, tujuan yang kedua.
Tentukanlah tujuan yang BESAR.
Anda harus bermimpi besar dan berpikir besar apabila Anda ingin menjadi besar. Jangan membuat tujuan yang kecil. Mereganglah. Anda sekecil hasrat pengendali Anda, atau sebesar tujuan terkuat Anda. Selalu ingat ini: Pengharapan yang tinggi SELALU mendahului prestasi yang tinggi.
Temukan tujuan yang REALISTIS dan DAPAT DICAPAI.
Jangan mempunyai tujuan menjadi pemain basket pr0fesional bila Anda mempunyai tinggi 150 sentimeter,
berat 55 kilogram, dan tidak berbakat olahraga. Kalau Anda kelebihan berat badan, jangan membuat keinginan untuk menghilangkan lima belas kilogram dalam satu minggu. Lebih baik menemukan keinginan untuk menghilangkan setengah sampai satu kilogram setiap minggu selama tiga puluh minggu. Realistislah.
• Temukan tujuan yang BERWUJUD.
Maksud saya adalah dapatkah Anda memvisualisasikan tujuan Anda? Dapatkah Anda melihatnya terjadi? Merasakannya? Menciumnya? Mendengarnya? Dapatkah Anda menggambarkannya? Buatlah tujuan Anda terlihat oleh mata, nyata.
• UKURLAH tujuan Anda.
Tulislah tujuan Anda. Apakah tujuan Anda bisa diukur? Sudah benar-benar jelaskah apa yang harus dilakukan agar tujuan Anda tercapai? Dapatkah Anda mengukur perkembangan ke arah pencapaian tujuan Anda dalam hitungan hari, minggu, atau bulan? (Atau lebih baik lagi, ketiganya?)
• Upayakan perwujudan tujuan Anda dengan GAIRAH MEMBARA.
Tujuan tidak ada gunanya apabila Anda gagal bertindak mewujudkannya. Bertindaklah, meski hanya berupa sebuah langkah kecil ke arah pencapaian tujuan itu. Dan bergembiralah. Bersemangatlah tidak hanya tentang tujuan Anda, namun juga tentang proses meraih tujuan itu. Semangat dan tekad Anda harus sedemikian besar sehingga orang akan merasakannya ketika Anda mulal memasuki ruangan. Jika Anda tidak bisa bergairah tentang tujuan Anda, saatnya Anda meninjau kembali tujuan itu.
Terdapat satu kata penting pada pokok terakhir: TEKAD.
Anda harus memiliki tekad untuk meraih tujuan dan impian Anda. Mengapa? Karena bila Anda menetapkan tujuan yang besar dan jauh dari jangkauan, akan Selalu ada rintangan di jalan Anda. Anda perlu mengatasi ketakutan, masalah, dan tantangan tersebut. Proses pencapaian tujuan dan impian Anda bisa menghabiskan waktu berminggu-minggu. berbulan-bulan, dan besar kemungkinan bertahun-tahun!.
Hanya bila berkemauan keras dalam meraih tujuan dan impian Anda barulah Anda bisa tetap bertahan di “masa sulit.” Kemauan juga membantu Anda tetap terfokus kepada tujuan, tidak terpinggirkan oleh proyek atau rintangan lain.
Ingat !! Tanpa fokus, siapa saja sangat mudah terpinggirkan dalam dunia yang rumit dan selalu berubah.

sumber : http://www.artikel-motivasi.com/definisi-tujuan-dan-cara-menentukannya.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar